Mengajari Anak Lebih Mandiri Dengan Berwira Usaha

 

(Kegiatan Marker Day SDN 1 Tangkisan)


Tangkisan
– Hidup mandiri agaknya menjadi hal yang patut diajarkan kepada anak sejak dini. Terlebih melihat perkembangan zaman yang kian pesat, bila anak tidak dibekali dengan kemampuan-kemampuan tersebut, mengakibatkan anak tidak bisa melangkah ke tempat yang lebih luas. Hal tersebut agaknya menjadi perhatian untuk SDN 1 Tangkisan, yang terletak di Desa Tangkisan, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga.

Untuk mewujudkan kegiatan yang dimaksud, dari pihak sekolah m
engadakan acara Market Day pada hari Rabu, 15 Februari 2022. Rangkaian kegiatan ini dilaksanakan di halaman SDN 1 Tangkisan, dengan pelaksanaan kegiatan jual beli, dalam hal ini adalah makanan yang dilakukan oleh siswa.

Lalu siapa saja yang terlibat dalam kegiatan Market Day tersebut? Pihak sekolah sengaja membiarkan siswa belajar dengan mandiri untuk menyiapkan semua kebutuhan Market Day. Mulai dari pengumpulan dana, pembelian bahan, pembuatan produk atau makanan yang akan dijual, menjual produk atau makanan tersebut, lalu menghitung untung rugi dari kegiatan yang telah dilakukan. Pembelajaran mandiri yang dilakukan oleh siswa, tidak serta merta hanya siswa yang melakukannya. Guru senantiasa mendapingi semua rentetan kegiatan yang telah disusun, agar kegiatan tersebut berjalan dengan lancar. Tidak hanya guru, orang tua pun dilibatkan secara langsung untuk mendapingi kegiatan siswa yang dilakukan oleh sekolah.

“Dalam kegiatan ini, jangan sampai kita dari pihak sekolah melepaskan siswa. Harus ada omongan kepada orang tua siswa, dan meminta bantuan kepada mereka agar turut membantu kegiatan siswa di rumah,” hal tersebut dikemukakan oleh Ibu Nofi Purwanti, S.Pd., selaku guru kelas 5 yang menjadi peserta Market Day.

Kegiatan Market Day ini diikuti oleh siswa kelas 4, 5, dan 6. Di mana kelas 4 terdiri dari tiga kelompok, kelas 5 terdiri dari dua kelompok, dan kelas 6 terdiri dari 4 kelompok. Seluruh kelompok dalam kegiatan ini menjajahkan produk berupa makanan, baik makanan ringan dalam bentuk gorengan serta minuman yang semuanya dimasak sendiri oleh siswa dengan bantuan orang tua.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk melatih kemandirian dan kemampuan berwirausaha siswa. Selain itu, sesuai dengan tema dalam muatan pembelajaran P5 yaitu kewirausahaan. Sehingga siswa bisa mandiri dan mempunyai kemampuan dalam berwira usaha,” demikian yang diungkapkan Bapak Alif Setyawan, S.Si. selaku Kepala Sekolah SDN 1 Tangkisan.

Kegiatan Market Day ini adalah bentuk kecil dari kegiatan Gelar Karya P5 yang akan dilaksanakan pada agenda berikutnya. Dengan kegiatan yang berjalan dengan lancar pada Rabu, 15 Februari 2023 ini, diharapkan mempermudah rangkaian Gelar Karya yang akan dilaksanakan berikutnya. Dan yang paling penting, dapat menumbuhkan sikap mandiri dan menambah skil kewirausahaan pada diri siswa.(eR)

Comments